Mengenal Kanker Tulang dan Pencegahannya Sejak Dini

http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/03382/Run3_3382889b.jpg

Pernahkah Anda mendengar kanker tulang? Sesuai namanya, kanker tulang adalah jenis kanker yang menyerang tulang. Penyakit ini dapat diidap oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Kanker tulang pun terbagi menjadi dua, kanker tulang primer dan sekunder. Kanker tulang primer adalah kanker yang muncul dan berkembang langsung di dalam tulang. Sementara kanker tulang sekunder adalah kanker yang berasal dari bagian tubuh lain dan menjalar ke tulang. Seluruh tulang pada tubuh dapat terjangkit kanker tulang. Namun, umumnya kanker tulang menyerang tulang kaki dan lengan.

Belum diketahui pasti penyebab kanker tulang. Tetapi, perubahan atau mutasi di dalam struktur DNA yang mengendalikan pertumbuhan sel sehingga sel-sel tersebut terus tumbuh di luar kendali. Penumpukan sel-sel ini akhirnya membentuk tumor yang dapat menyerang struktur tulang di dekatnya atau menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Dalam mencegah kanker tulang, kita harus memahami dulu bagaimana proses terjadinya kanker itu sendiri. Kanker terjadi akibat adanya zat karsinogen dan radikal bebas dalam tubuh. Secara umum, Anda dapat mencegah kanker dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti menghindari merokok, mengonsumsi alkohol, mengurangi makanan berlemak jahat serta makanan yang mengandung zat karsinogen.

Nah, sebagai langkah pencegahan kanker tulang, beri tulang nutrisi vitamin D untuk menjaganya tetap kuat. Kita dapat berjemur di bawah sinar matahari sebelum jam 10. Ya, sinar matahari adalah sumber vitamin D yang baik untuk tulang. Selain itu, lakukan olahraga yang baik untuk kekuatan tulang seperti tai chi, yoga, atau pilates.