13 Fakta Mengenai Tulang!

Protecal Ladies, yuk kenali tulangmu lebih dalam bersama Protecal!

Simak fakta berikut ini!

1. Kenapa kamu kehilangan tulangmu?

Faktanya nih Protecal Ladies, kamu lahir dengan jumlah 300 tulang di dalam tubuhmu. Namun semakin kamu tumbuh dan berkembang maka tulang yang kamu miliki menjadi 206. Mengapa demikian? Karena tulang yang kamu miliki bersatu dan memanjang saat kamu tumbuh!

2. Apa yang membuat kamu tumbuh?

Ternyata rahasia tinggi badan dan pertumbuhan manusia terdapat pada sebuah sistem pada tubuh manusia, sistem ini mengatur bagaimana sebuah kumpulan kelenjar-kelenjar bekerja, kelenjar-kelenjar inilah yang menghasilkan zat yang mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya badan manusia. Kelenjar-kelenjar itu dinamakan endokrin dan kelenjar-kelenjar tersebut terdapat di berbagai bagian tubuh manusia. Pada saat manusia baru dilahirkan, kelenjar-kelenjar ini berukuran lebih besar kalau dibandingkan dengan kelenjar-kelenjar bersangkutan, tetapi dimiliki orang yang sudah menginjak usia dewasa. Karena itulah ketika manusia masih berusia muda, kelenjar-kelenjar itu mampu menghasilkan lebih dari 100 hormon pertumbuhan yang jauh lebih banyak sehingga mengakibatkan pertumbuhan yang lebih cepat.

3. Bagaimana cara menjaga tulangmu dengan baik?

Menjaga kesehatan tulang dapat di lakukan mulai dari luar dan dalam. Dari luar, perhatikan apa yang kamu konsumsi, apa yang kamu lakukan, olahraga apa yang selama ini kamu jalani untuk menjaga kesehatan tulangmu. Untuk dari dalam, mulai untuk menerapkan pikiran yang positif, agar kamu terhindar dari stress, karena stress dapat memicu terjadinya osteoporosis lho!

4. Bagaimana proses penyembuhan pada tulang yang patah?

Penyembuhan tulang yang patah memiliki beberapa step, yaitu Peradangan (inflammation), Pembentukan kalus halus (soft callus), Pembentukan kalus keras (hard callus), Remodeling tulang.

5. Apa tugas tulangmu untuk tubuhmu?

Tulang yang ada didalam tubuh kita memiliki bentuk kesatuan yang disebut dengan kerangka atau rangka. Tugas sebuah rangka dalam tubuh adalah memberi bentuk tubuh, penopang seluruh badan, tempat melekatnya daging, melindungi organ vital, tempat melekatnya otot, tempat pembentukan sel darah merah, merupakan alat gerak pasif, hingga memberikan kekuatan untuk tubuh! Waah banyak sekali kan Protecal Ladies kegunaan dari tulangmu! Jaga baik-baik yaa mulai dari sekarang.

6. Tulang terpanjang dan terpendek di dalam tubuh

Tulang terpanjang dalam tubuhmu adalah tulang paha atau biasa disebut dengan tulang femur. Nah sementara tulang terpendek pada tubuh manusia adalah tulang sanggurdi, yang berada di dalam telinga. Lucunya nih Protecal Ladies, disebut sanggurdi, karena tulang itu berbentuk seperti sanggurdi yang digunakan di pelana kuda.

7. Bagian apa yang paling banyak memiliki tulang?

Bagian tubuh yang memiliki tulang yang paling banyak adalah tulang yang berada di tangan. Yaitu sejumlah 54.

8. Tulang merupakan jaringan yang hidup

Protecal Ladies, tahukah kamu bahwa kolagen di dalam tubuhmu akan selalu mengisi ulang terus menerus dengan sendirinya? Maka dalam 7 tahun sekali, kamu akan memiliki tulang yang baru!

9. Gigi merupakan bagian dari kerangka

Gigi merupakan komponen yang mengandung kalsium dan mineral, seperti tulang. Peran gigi juga memberikan fleksibilitas dan kekuatan pada tulang lho!

10. Apakah tulang wanita dan pria sama?

Protecal Ladies, terlihatnya memang seperti serupa, namun kamu harus tau bahwa wanita memiliki bentuk, besar, dan sudut pinggul yang berbeda. Hal ini bertujuan agar wanita dapat melahirkan.

11. Beberapa sendi di dalam tubuhmu ada yang tidak bergerak

Tulang dan sendi adalah 2 komponen  yang selalu berkerja sama dan saling melengkapi. Contohnya seperti tulang dan sendi yang ada dilutut. Namun ada beberapa sendi yang tidak bergerak di dalam tubuhmu, yaitu sendi yang ada di tempurung kepalamu.

12. Mengapa sendi dapat rusak?

Protecal Ladies, sebenarnya otot dan ligament mendukung pergerakan sendimu, dan tulang rawan membantu sebagai bantal dari pergerakan sendimu. Nah ketika tulang rawan menipis maka sendi menjadi bermasalah.

13. Kenapa sakit ketika bagian tubuhmu yang kesemutan dipukul?

Protecal Ladies, ini adalah salah satu fakta unik dari tulangmu! Ketika kamu kesemutan, biasanya terasa seperti kesetrum jika kamu memukulnya kan? Itu dikarenakan, ada saraf ulnaris yang terdapat di tulang kamu. Nah memukulnya itu yang memicu rasa sakitnya.