Kenali Osteoporosis Mulai Dari Sekarang

Protecal Ladies, yuk kenali Osteoporosis mulai dari sekarang! Osteoporosis atau pengeroposan tulang yaitu penyakit yang mempunyai sifat khas berupa masa tulangnya rendah atau berkurang, disertai gangguan mikro-arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang, yang dapat menimbulkan kerapuhan pada tulang.

Kondisi osteoporosis dapat terjadi tanpa gejala selama beberapa dekade. Oleh karena itu, biasanya penderita tidak sadar tentang osteoporosis sampai penderita menderita patah tulang yang menyakitkan. Nah Protecal Ladies, osteoporosis kebanyakan terjadi pada orang yang sudah berusia  51 tahun ke atas, dan faktanya penyakit osteoporosis 2 kali lebih sering menyerang wanita dibandingkan dengan pria.

Apa saja faktor seseorang dapat terkena osteoporosis?

 

1. Alkohol

Kebiasaan minum alkohol dalam jumlah besar berisiko terhadap kesehatan karena berbagai alasan, termasuk efeknya pada tulang. Penelitian menunjukkan bahwa pengkonsumsi berat alkohol, terutama selama masa dewasa remaja dan muda dapat mempengaruhi kesehatan tulang secara dramatis dan meningkatkan risiko osteoporosis di kemudian hari.

2. Gaya Hidup

Nah Protecal Ladies, kebanyakan sekarang ini banyak orang yang kurang memperhatikan apa yang mereka konsumsi dalam sehari-hari. Dengan kegiatan yang cukup padat, maka tubuh secara otomatis juga akan membutuhkan kalsium yang lebih, jika kamu tidak cukup memperhatikan gaya hidupmu baik dari segi makanan dan olahraga, hal ini dapat memicu terjadi osteoporosis dikemudian hari.

3. Menopause

Protecal Ladies, banyak wanita setelah menopause akan mengalami kerapuhan tulang, hal ini disebabkan oleh faktor keturunan dan kekurangan salah satu zat gizi terutama kalsium yang berfungsi sebagai pembentuk tulang.

4. Merokok

Merokok dapat memicu terjadinya Osteoporosis karena merokok dapat mengganggu penyerapan kalsium yang terdapat didalam usus sehingga tubuh tidak memperoleh asupan kalsium yang cukup untuk membangun kepadatan tulang yang baik.

 

Selain itu, dalam penelitian lain juga dijumpai bahwa merokok juga bisa mempengaruhi produksi dan juga kerja hormon-hormon tertentu terhubung dengan pembangunan serta penghancuran tulang. Terlebih lagi, dijumpai juga bahwa bahan kimia didalam rokok bisa mempunyai efek merusak dengan langsung terhadap sel-sel tulang.