Hindari Osteoarthritis Dengan Olahraga

Maka dari itu yuk hindari penyakit Osteoarthritis dengan berolahraga!

Karena dengan berolahraga otot-otot pendukung sendi dapat menjadi kuat hingga dapat membantu meredam benturan. Olahraga yang teratur juga bermanfaat untuk menjaga jangkauan gerak sendi agar tetap dalam keadaan normal.

Berikut beberapa jenis olahraga yang aman untuk kesehatan sendimu!

 

Berjalan kaki

Meskipun melibatkan lutut, berjalan kaki adalah olahraga yang paling rendah risiko bagi seorang penderita nyeri sendi lutut. Berjalan kaki tidak memberikan tekanan pada lutut secara berlebihan seperti misalnya ketika berlari.

Joging

Jalan cepat atau berlari-lari kecil, biasa disebut dengan joging, bisa menjadi pilihan olahraga yang ideal bagi penderita nyeri sendi lutut ataupun bagi kamu yang ingin menghindari terjadinya Osteoarthritis..

Bersepeda

Bersepeda juga termasuk olahraga low impact untuk lutut. Olahraga low impact adalah bentuk aktivitas fisik yang tidak memberikan tekanan berat pada bagian tubuh.

Jenis olahraga ini cocok bagi Protecal Ladies yang ingin menjaga kesehatan sendimu! Yang perlu kamu perhatikan adalah jangan memilih jalanan mendaki yang terlalu curam, melainkan utamakan untuk memilih jalan yang landai. Jika memilih untuk menggunakan sepeda statis, atur tingkat kemiringannya pada level yang rendah.

Renang

Berenang membuat lutut melepaskan stres karena terbebas dari tugasnya dalam menopang berat badan dan dalam waktu yang sama menyebabkan seluruh tubuh ikut bergerak. Tapi perhatikan juga dalam memilih gerakan renang. kamu boleh berenang dengan tempo cepat sebagai usaha untuk menyehatkan badan, tetapi hindari gerakan yang terlalu memfokuskan kepada gerak lutut, seperti gaya dada.