Mencuci Baju Sambil Jongkok Bisa Sebabkan Nyeri Punggung?

Meski sekarang telah tersedia mesin cuci canggih yang bisa membantu untuk mencuci pakaian, Anda mungkin lebih suka untuk mencuci dengan cara tradisional. Cara tradisional berupa gosok dan kucek terasa lebih bersih. Biasanya, mengucek pakaian akan lebih maksimal jika dilakukan sambil jongkok. Padahal, mencuci sambil jongkok bisa berakibat fatal, lho. Kok bisa?

 

Bisa sebabkan nyeri

Ternyata, mencuci baju sambil jongkok bisa menyebabkan nyeri punggung, Protecal Ladies. Ini karena postur badan saat mencuci rawan menyebabkan cedera. Nah, cedera inilah yang kemudian menimbulkan rasa nyeri. Umumnya, cedera ini akan menyerang otot-otot yang ada di bagian tulang belakang sehingga punggung akan terasa sakit.

Saat mencuci sambil berjongkok, otot-otot yang ada di sekitar punggung akan tertarik sehingga menjadi lebih tegang, Selain itu, posisi berjongkok juga akan menghambat aliran darah menuju daerah kaki bagian bawah sehingga keseimbangan bisa berkurang dan kaki akan mudah mati rasa.

 

Waspadai gejalanya

Nyeri punggung memang bisa disebabkan aktivitas mencuci baju sambil jongkok. Walau begitu, ada juga penyakit lain yang bisa menyebabkan sakit punggung, salah satunya adalah gangguan ginjal. Lalu, bagaimana cara membedakan antara nyeri punggung karena terlalu lama jongkok dengan nyeri punggung karena gangguan ginjal?

Biasanya, nyeri punggung karena postur jongkok saat mencuci baju terasa lebih menusuk di punggung. Saat Anda meregangkan tubuh pun kelenturan akan berkurang, dan yang paling jelas bisa dilihat dari postur tubuh saat berjalan. Jika terserang nyeri punggung karena salah postur, biasanya orang akan kesulitan untuk berdiri tegak.

 

Hindari juga mengangkat cucian

Selain mencuci sambil jongkok, sebisa mungkin hindarilah mengangkat cucian yang terlalu berat. Setelah mencuci sambil jongkok yang bisa menyebabkan punggung tegang, mengangkat cucian yang berat juga akan menambah tingkat ketegangan tersebut. Rasa nyeri pun akan semakin terasa hingga dapat menyebabkan kemungkinan kejang otot.

Sebelum mengangkat cucian, regangkanlah tubuh supaya otot-otot tidak kaget. Transisi dari posisi jongkok ke posisi berdiri tidak bisa dilakukan tiba-tiba, terutama jika Anda membawa beban berat. Ada baiknya Anda mengoreksi postur tubuh saat mengangkat beban. Condongkanlah punggung saat mengangkat cucian, jadi tumpuan akan berpindah pada kaki.

 

Bagaimana mengatasinya?

Lalu, apakah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini? Anda bisa beralih pada mesin cuci. Beberapa mesin cuci keluaran sekarang mampu untuk membersihkan noda pada pakaian dengan lebih baik dibanding kucekan tangan. Namun, jika Anda terpaksa harus mencuci dengan tangan, sebaiknya gunakan kursi kecil sehingga tekanan pada punggung bisa dikurangi.

Anda juga bisa mengambil jeda sebentar saat mencuci dengan posisi jongkok, Ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada punggung dan melancarkan peredaran darah pada bagian bawah kaki. Rentangkan kedua tangan lebar-lebar sambil mengangkat punggung perlahan. Ini akan membantu daerah punggung untuk lebih rileks dan tidak tegang.

 

Untuk meningkatkan ketahanan tulang Anda supaya rasa nyeri pada punggung tidak bertambah parah, minumlah Protecal Solid yang mampu memenuhi kebutuhan kalsium, vitamin D, dan vitamin C dalam tubuh Anda.