5 Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Apakah Anda pernah merasakan nyeri tulang belakang? Hampir setiap orang pernah merasakan hal ini. Penyababnya pun beragam, mulai dari faktor usia, gangguan struktur tulang belakang, dan mengalami ketegangan otot. Meski wajar terjadi, nyeri tulang belakang bisa berbahaya apabila dibiarkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada lima cara mudah untuk mengatasinya. Apa saja? Ini dia di antaranya.

 

Olahraga kecil dengan melakukan peregangan tiap hari

Memulai hari dengan melakukan peregangan selagi di tempat tidur sangat dianjurkan. Karena setelah berbaring selama delapan jam, tubuh akan menjadi lemas. Jika Anda tiba-tiba berdiri, risikonya dapat mengalami cedera punggung. Maka dari itu, ada baiknya sebelum bangun dari tempat tidur, perlahan regangkan lengan Anda ke atas kepala. Lalu, tarik lutut ke arah dada secara bergantian. Setelah itu bergulirlah ke sisi tempat tidur dan gunakan lengan untuk membantu mengangkat tubuh.

 

Hindari membungkuk saat mengambil sesuatu

Membungkuk sering sekali kita lakukan. Contohnya saja ketika mengambil sesuatu yang terjatuh atau hal lainnya. Tanpa disadari, saat Anda membungkuk, risiko cedera tulang punggung akan meningkat. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan alat pemegang yang panjang. Bila tidak ada, coba lakukan dengan cara berlutut dan gunakan pelindung lutut untuk mengambil sesuatu. Contohnya seperti saat sedang berkebun.

 

Usahakan badan untuk terus bergerak

Istirahat memang diperlukan untuk tubuh agar tetap bugar. Namun, telalu banyak mengistirahatkan tubuh ternyata membawa dampak buruk pada tulang kita, yakni dapat memperlemah otot-otot tulang. Maka dari itu, jangan terlalu lama berbaring di tempat tidur lebih dari dua hari ketika Anda sakit. Usahakan untuk bangun sekurang-kurangnya satu jam untuk melakukan peregangan atau berjalan-jalan. Meskipun terlihat sederhana, jalan-jalan memiliki efek positif untuk tulang sehingga risiko nyeri tulang belakang bisa diminimalisir.

 

Pasang bantalan di bagian bawah punggung

Faktor selanjutnya yang jadi penyebab nyeri punggung adalah tempat tidur yang tidak merata. Jika terlalu lama dibiarkan, hal ini akan berbahaya bagi kesehatan tulang belakang Anda. Sebagai cara mengatasinya, Anda bisa memasang bantalan dari karet busa berbentuk bundar yang tersedia dan dijual di toko perlengkapan medis. Menggunakan alat ini dapat mempertahankan lengkung alami tulang punggung Anda dan mencegah nyeri. Anda bisa memasangnya di antara kursi dan punggung bagian bawah.

 

Penuhi asupan nutrisi untuk tulang

Terakhir, imbangi pula kesehatan tulang belakang Anda dari dalam. Protecal Ladies wajib memenuhi asupan kalsium demi memperkuat struktur tulang. Selain makan banyak buah dan sayuran, asupan kalsium dalam tubuh juga bisa Anda penuhi dengan mengkonsumsi suplemen khusus seperti Protecal Osteo. Kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi tak hanya menjaga kesehatan tulang, tapi juga membantu mencegah osteoporosis.

 

Nah, mulai sekarang Protecal Ladies bisa melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasi nyeri tulang belakang. Bagi yang tidak memiliki keluhan ini, tidak ada salahnya menjaga diri dengan rajin minum Protecal, ya!