Bolehkah Memijat Tulang Punggung yang Sakit?

Protecal Ladies, nyeri pada bagian punggung merupakan salah satu keluhan yang sering diderita oleh banyak orang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari usia hingga gangguan pada tulang punggung. Solusi yang sering diambil untuk mengatasi problem nyeri punggung ini adalah dengan melakukan pijat. Di Indonesia, pijat memang masih menjadi terapi untuk mengatasi beragam masalah nyeri pada tubuh. Namun, sebenarnya bolehkah memijat tulang punggung yang terasa nyeri atau sakit?

 

Sebaiknya jangan langsung dipijat

Saat merasakan nyeri pada punggung, tentu Anda ingin segera terbebas dari rasa sakit tersebut. Maka hal yang pertama dilakukan saat seseorang merasa nyeri pada bagian punggung adalah memijatnya. Padahal, tindakan seperti ini bisa membahayakan kesehatan Anda. Terutama jika terapi pijat tidak dilakukan pakar yang memahami tentang anatomi tubuh.

Sebagai pertolongan pertama, Anda bisa melakukan pengompresan pada bagian punggung yang terasa nyeri. Kompres punggung yang terasa sakit dengan kain handuk yang telah dicelupkan dalam air hangat. Panas dari kain kompres akan melancarkan aliran darah pada area yang nyeri. Mendiamkan rasa nyeri selama beberapa saat juga akan memberikan waktu bagi tubuh untuk mengembalikan aliran darah. Aliran darah yang lancar akan memberikan nutrisi kepada otot dan jaringan yang terasa sakit.

Langsung memijat punggung begitu terasa nyeri hanya akan memperparah keadaan. Ini karena terapi pijat yang dilakukan langsung bisa menyebabkan serabut otot menjadi semakin tidak beraturan. Kondisi otot yang kaku karena nyeri bisa bertambah parah karena mendapatkan tekanan dari pijat. Untuk itu hindari memijat secara langsung saat tulang punggung terasa nyeri.

 

Anda boleh melakukan olahraga

Untuk memulihkan diri dari nyeri tulang punggung, Anda bisa melakukan olahraga. Ya, Anda sebaiknya tidak mendiamkan bagian yang sakit terlalu lama. Mendiamkan atau mengistirahatkan bagian yang sakit hanya akan membuat tulang, persendian, dan otot di bagian punggung menjadi kaku. Saat tulang menjadi kaku, waktu pemulihannya justru akan semakin lama lagi.

Walau begitu, olahraga yang dilakukan sebaiknya tidak terlalu berat dan mengambil tumpuan pada bagian punggung. Anda bisa memilih yoga atau sekadar stretching ringan. Keduanya baik untuk memperbaiki postur yang kurang baik akibat nyeri pada tulang punggung. Olahraga seperti jogging dan plank juga baik karena bisa memperkuat otot batang tubuh.

 

Ketahui jenis pijatan yang sesuai dengan keluhan

Jika Anda kemudian memutuskan untuk melakukan pijat, jenis pijat yang dilakukan juga tidak boleh sembarangan. Jenis keluhan tertentu hanya bisa diatasi oleh jenis pijatan yang sesuai. Misalnya jika keluhan Anda adalah nyeri punggung karena cidera otot, maka jenis pijat yang sebaiknya dipilih adalah pijatan untuk menurunkan peradangan.

Lain halnya jika keluhan nyeri punggung Anda datang dari tulang belakang. Pijatan yang dilakukan harus mampu mengurangi tekanan pada otot di sekitar tulang belakang agar rasa nyeri bisa berkurang. Ingat, pijatan yang baik bukan sekadar memberi tekanan pada tubuh, tetapi juga mampu memberikan efek relaksasi. Untuk itu, pastikan terapi pijat yang Anda pilih dilakukan oleh ahli atau terapis khusus.

 

Dari sini Anda bisa menyimpulkan bahwa sebenarnya memijat tulang punggung yang terasa sakit itu sah-sah saja dilakukan. Namun, dengan beberapa pertimbangan khusus, seperti waktu dan juga tenaga dari terapis pijat. Pastikan untuk tidak langsung melakukan pijat begitu Anda merasakan nyeri pada tulang punggung dan seluruh terapi pijat memang dilakukan oleh ahli. Untuk perlindungan kesehatan tulang punggung secara maksimal, cobalah mengkonsumsi suplemen kalsium Protecal Solid secara rutin setiap hari.