Pertolongan Pertama Saat Patah Tulang Setelah Olahraga

Olahraga tentu menjadi kebiasaan baik yang mampu menunjang kesehatan Protecal Ladies. Namun berbeda cerita jika olahraga yang dilakukan berakibat cedera. Bagaimana jika olahraga yang dilakukan membuat Anda mengalami patah tulang? Apa yang harus dilakukan saat mengalami patah tulang setelah olahraga? Jangan keburu panik! Begini langkah penanganannya yang perlu diketahui!

 

Hal-hal yang menyebabkan patah tulang setelah olahraga

Patah tulang setelah olahraga bisa jadi karena intensitas latihan yang dilakukan terlalu keras atau berat bagi tubuh. Bisa juga patah tulang setelah olahraga diakibatkan oleh kesalahan selama melakukan aktivitas tersebut seperti terjatuh, salah tumpuan, atau salah melakukan gerakan yang diinstruksikan.

Kondisi tubuh juga bisa menyebabkan patah tulang setelah olahraga. Seperti pada tulang dengan kondisi yang terlalu rapuh, untuk menahan beban tubuh saat olahraga. Ketika Anda berolahraga dan meningkatkan intensitas latihan, maka tulang butuh waktu penyesuaian. Jika Anda melakukannya dengan cepat, maka bisa menyebabkan cedera hingga patah tulang. Di bawah ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab patah tulang setelah olahraga:

  • Peningkatan frekuensi dan jumlah sesi latihan, serta beban yang dilakukan dalam jangka waktu relatif cepat, membuat tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk beradaptasi sehingga memungkinkan patah tulang terjadi. Misalnya Anda terbiasa lari di treadmill dua kali seminggu dengan durasi satu jam. Jika ditingkatkan menjadi lima kali seminggu dengan durasi dua jam, akan menimbulkan cedera.
  • Perubahan permukaan olahraga yang dilakukan secara tiba-tiba juga berisiko menyebabkan patah tulang setelah olahraga. Misalnya Anda beralih dari lapangan tenis rumput, ke lapangan tenis tanah liat. Bisa juga peralihan dari lari di treadmill ke lari di luar ruangan (outdoor).
  • Perubahan jenis olahraga yang dilakukan juga bisa menyebabkan patah tulang. Misalnya Anda terbiasa latihan tiga puluh menit level sedang pada elliptical trainer setiap minggunya. Tiba-tiba, Anda mengubahnya menjadi tiga sesi latihan sprint dan plyometrics.

 

Tanda-tanda patah tulang setelah olahraga

Patah tulang setelah olahraga umumnya memiliki gejala yang khas, berbeda dengan jenis cedera lainnya. Anda harus tahu betul apa tanda-tanda patah tulang setelah olahraga agar segera mendapat pertolongan. Berikut gejalanya:

  • Rasa nyeri dan pegal yang terasa di bagian jauh dalam kaki, jari kaki, pergelangan kaki, lengan, pinggul, dan tulang kering.
  • Nyeri yang muncul saat Anda beraktivitas, namun hilang saat Anda beristirahat.
  • Rasa lemas pada bagian kaki, anggota tubuh, dan pergelangan kaki, serta bagian lainnya yang diikuti rasa sakit maupun tidak.
  • Muncul pembengkakan.
  • Nyeri yang berpusat pada area tubuh tertentu yang terasa saat malam hari. Contohnya saja di bagian pinggul, pergelangan kaki, dan kaki.
  • Nyeri pada punggung atau di salah satu sisi tubuh.

 

Pertolongan pertama patah tulang setelah olahraga

Bila saat olahraga Anda merasakan gejala yang merupakan tanda-tanda adanya patah tulang, maka pertolongan pertama adalah kompres menggunakan es batu. Jangan panik saat melakukan kompres. Kemudian, Anda bisa melanjutkan dengan pembidaian sederhana. Jika Anda tidak yakin dengan metode atau cara pembidaian yang benar, hubungi rumah sakit atau dokter terdekat.

Dokter biasanya akan melakukan X-ray untuk melihat kondisi tulang yang patah. Jika memang benar ada tulang yang patah, dokter akan memasang gips yang menjaga tulang tetap pada posisinya. Proses penyembuhan dengan gips ini umumnya memakan waktu beberapa minggu atau bulan, tergantung kondisi patah tulang yang Anda alami.

Selanjutnya, Anda harus memastikan untuk membatasi aktivitas berat guna mempercepat proses pemulihan. Jangan lakukan hal-hal berat seperti mengangkat barang (untuk cedera patah tulang tangan), naik turun tangga (untuk cedera patah tulang kaki), dan olahraga. Anda baru bisa kembali olahraga saat dokter sudah menyatakan bahwa patah tulang Anda sembuh total.

 

Agar proses penyembuhan patah tulang setelah olahraga bisa berjalan cepat, Anda bisa minum suplemen vitamin tulang, Protecal Solid, yang membantu proses penyembuhan dan pembentukan jaringan baru. Anda juga bisa rutin minum Protecal untuk menjaga kesehatan tulang sehingga risiko patah tulang bisa dicegah.