Mager Sesaat Ketika Bangun Tidur Justru Baik untuk Tulang

Ternyata merenung sesaat setelah bangun tidur adalah langkah yang tepat. Anda justru disarankan untuk berbaring beberapa menit hingga mata Anda benar-benar terbuka. Langsung beranjak dari tidur dapat membuat tulang pinggul Anda bergeser, atau yang dalam dunia medis dikenal dengan sebutan Dislokasi.

 

Kondisi ini dapat terjadi karena tulang belum siap menerima beban kerja. Apalagi, tulang berada dalam kondisi terlemah saat sedang tidur. Maka, jangan langsung bergerak atau memberikan beban pekerjaan berat kepada tulang saat bangun tidur. Jangan langsung berdiri, apalagi berjalan.

 

Lebih parahnya lagi, Dislokasi dapat menyebabkan beberapa kompilasi jika terjadi terus-terusan dan tidak segera diobati. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kerusakan saraf dan pembuluh darah di sekitar sendi.
  • Sobeknya otot, ligamen, dan jaringan penghubung otot dengan tulang (tendon) pada sendi yang cedera.
  • Peradangan pada sendi yang cedera. Risiko ini akan semakin tinggi pada lansia.
  • Meningkatnya risiko cedera berulang pada sendi yang mengalami diskolasi.

 

Selain Diskolasi, ternyata bangun tidur dan langsung berdiri juga bisa menyebabkan Hipotensi Ortostatik yaitu penurunan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba. Penderitanya akan mengalami pusing dengan tingkat berlebih. Beberapa penderita bahkan pingsan, terutama untuk penderita darah rendah.

 

Ini terjadi karena pada saat tubuh dalam kondisi rileks ketika tertidur, suplai tekanan darah merata ke seluruh tubuh, bahkan hingga ke otak. Namun jika berdiri mendadak tanpa persiapan, tekanan darah akan terlempar secara tiba-tiba menuju kaki. Inilah yang menyebabkan saraf pengendalian refleks menjadi terganggu.

 

Jadi mulai sekarang, sebaiknya mempersiapkan waktu khusus untuk bangun tidur lebih awal, agar tubuh bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum beranjak menjalani hari. Lebih daripada itu, kamu juga harus menjaga sendi kamu selain menjaga kesehatan tulang dan tekanan darah. Kamu bisa konsumsi Protecal Joint untuk bantu jaga kesehatan sendi kamu.