Cari Tahu Penyebab Nyeri Punggung sebelum Berobat

Nyeri punggung membuat kita tidak bisa melakukan aktivitas dan pekerjaan dengan optimal. Kebanyakan nyeri punggung akan terasa saat bangun tidur. Badan akan terasa kaku dan leher belakang sampai punggung mulai terasa sakit. Tidak jarang akan terasa lemas dan mati rasa pada beberapa bagian tubuh seperti punggung belakang, telapak kaki, kaki dan bagian tubuh lainnya. Biasanya nyeri punggung ditandai dengan kesemutan.

Selain saat bangun tidur, nyeri pada punggung juga sering terasa setelah melakukan olahraga, melakukan aktivitas yang cukup berat, atau akibat mengendari kendaraan untuk waktu yang cukup lama. Posisi duduk dan mengangkat barang yang salah juga bisa menjadi pemicu punggung terasa nyeri.

Nyeri punggung biasanya bisa sembuh dalam beberapa hari, namun ada juga yang butuh waktu cukup lama. Jika sudah begini, sangat dianjurkan untuk mulai mengonsumsi obat pereda nyeri atau langsung memeriksakan diri ke dokter.

 

Meskipun nyeri punggung merupakan penyakit yang biasa dialami oleh setiap orang, namun tetap tidak boleh dianggap remeh. Nyeri pada punggung bisa menjadi gejala awal penyakit yang lebih serius. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal berikut yang bisa menjadi penyebab munculnya nyeri punggung:

Adanya masalah pada sambungan tulang maupun otot
Otot akan menjadi tegang ketika mengangkat beban berat dalam posisi yang salah. Kondisi akan semakin parah apabila kondisi fisik anda sedang tidak baik.

Adanya kelainan pada tulang belakang
Nyeri punggung juga bisa disebabkan karena adanya kelainan yang terjadi di tulang belakang, atau biasa disebut dengan skoliosis. Kelainan ini disebabkan karena struktur tulang belakang bengkok. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang berusia 40 ke atas.

Radang Sendi
Radang sendi atau yang lebih disebut osteoarthritis membuat kondisi dimana jarak antara tulang pada punggung menjadi pendek, serta saraf tulang belakang menjadi tertekan. Kondisi inilah yang membuat punggung menjadi nyeri.

Adanya masalah di bantalan tulang belakang
Bantalan yang ada di antara ruas tulang belakang berfungsi sebagai pelindung saraf yang ada di dalamnya, dan menjadi pelindung untuk menghindari adanya kontak langsung di antara tulang punggung. Bantalan ini sangat penting. Sebab, apabila tulang punggung bergesekan kemudian terjadi kerusakan pada saraf, maka nyeri punggung akan terjadi.

Osteoporosis
Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang belakang menjadi lebih tipis. Hal ini akhirnya mempengaruhi ruas tulang belakang dan membuat punggung menjadi nyeri.

 

Nyeri punggung yang sederhana biasanya disebabkan oleh posisi duduk, tidur, atau mengangkat beban berat yang salah. Namun pada beberapa kasus, nyeri punggung juga bisa disebabkan oleh penyakit serius. Beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab nyeri punggung adalah:

Tumor
Nyeri punggung ternyata juga dapat disebabkan oleh penyakit tumor. Baik tumor jinak ataupun tumor yang sudah ganas bisa menjadi penyebab nyeri punggung.

Sindrom cauda equina.
Sindrom ini adalah suatu kondisi yang disebabkan karena adanya penekanan pada tulang ekor. Penekanan ini diakibatkan oleh ujung saraf tulang belakang. Tidak hanya dapat menyebabkan nyeri punggung, sindrom ini juga menyebabkan masalah pada kantung kemih. Bahkan bisa sampai menyebabkan kelumpuhan.

Infeksi pada tulang belakang
Kondisi ini utamanya disebabkan oleh bakteri maupun jamur yang berkembang, sehingga menimbulkan infeksi dan membuat nyeri pada punggung.

Spondilolistesis dan spondilolisis
Spondilolistesis adalah kondisi dimana terjadi pergeseran antara ruas tulang belakang, sehingga menyebabkan nyeri punggung. Sedangkan spondilolisis merupakan kondisi dimana salah satu ruas yang ada di tulang belakang mengalami retak atau patah, dan akhirnya membuat punggung menjadi nyeri. Kedua kondisi ini sering dialami atlet olahraga.

 

Jadi, apakah tulang punggungmu sering terasa nyeri? Coba perhatikan lagi mengenai kebiasaan-kebiasaan duduk, tidur, atau mengangkat beban. Jika sudah dalam posisi benar namun masih terasa sakit, segera periksakan ke dokter, ya! Mungkin saja nyeri punggung yang kamu rasakan disebabkan oleh penyakit serius. Selain itu, konsumsi juga Protecal Osteo secara rutin ya, Protecal Ladies. Sehingga kepadatan tulang dan gigi kamu tetap terjaga.