Selain Bikin Keropos, Bagaimana Jika Gigi Kekurangan Kalsium?

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Maka dari itu, gigi perlu dirawat dengan baik supaya tidak mengalami kerusakan. Ketika seseorang mengalami kerusakan pada giginya maka akan muncul rasa sakit  tak tertahankan, dan sangat menganggu. Selain itu, rasa tidak nyaman yang muncul juga bisa mengganggu aktivitas, seperti saat mengunyah makanan.

Kondisi gigi yang tidak dirawat akan menjadi sangat rentan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Ini akan mempengaruhi kualitas gigi dan menyebabkan gigi keropos. Jika tubuh kekurangan kalsium, maka tubuh akan mengambil simpanan kalsium dalam tulang dan gigi untuk mempertahankan fungsi tubuh lainnya. Pada kondisi ini, proses pelepasan mineral pada gigi akan meningkat, sementara kadar kalsium pada air ludah menurun sehingga proses pengembalian mineral terhambat.

Jika proses ini terjadi secara terus menerus tanpa diimbangi asupan kalsium yang cukup, maka akan terjadi ketidakseimbangan antara proses pelepasan dan pengembalian mineral yang dapat menyebabkan gigi keropos dan dapat mengganggu fungsi tubuh lain. Seperti mengikis kalsium pada tulang sehingga mengakibatkan struktur tulang terganggu, salah satunya tubuh yang membungkuk.

Kurangnya kalsium selain membuat gigi keropos, di sisi lain akan membuat struktur gigi kurang kuat. Kekeroposan pada gigi juga dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi dan terjadinya karies gigi.

Karies gigi adalah sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur jaringan keras gigi. Penyakit ini ditandai dengan gigi berlubang. Apabila tidak kunjung diatasi, lubang akan membesar dan mengenai lapisan dalam gigi. Lubang yang kian membesar dapat menyebabkan sakit gigi parah, infeksi yang menjalar ke organ lain seperti hidung, dan gigi copot (tanggal atau lepas sendiri).

Dalam beberapa kasus, karies bahkan dapat menjadi penyebab dari penyakit sinusitis kronis, terutama pada karies yang terjadi di gigi bagian atas. Kuman yang menumpuk di gigi yang berlubang menjadi lebih mudah dalam berkembang, dan sulit diatasi. Kuman-kuman inilah yang bisa mengganggu saluran pernapasan hingga menyebabkan sinusitis kronis.

Maka dari itu mulailah melakukan langkah-langah yang baik dalam menjaga gigi seperti menyikat gigi minimal 2 kali sehari, berkumur, hingga rutin memeriksakan kesehatan gigi. Selain melakukan langkah-langkah tersebut, langkah utama yang harus dilakukan adalah menambah asupan kalsium dengan bahan alami. Kemudian, Anda bisa melengkapinya dengan suplemen penambah kalsium.

Saat ini juga sudah terdapat suplemen yang bisa kamu pilih. Salah satunya dalah Protecal yang dilengkapi dengan suplemen dan asupan terbaik yang diperlukan oleh tulang dan gigi. Jadi, tunggu apalagi Protecal Ladies, segera konsumsi Protecal untuk tulang dan gigi yang kuat.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Photo source: https://image.shutterstock.com/image-photo/laughing-woman-mouth-great-teeth-600w-329065745.jpg