Pentingnya Vitamin D, K, dan Kalsium untuk Tulang yang Sehat

Siapa bilang Protecal Ladies hanya butuh kalsium untuk menjaga kesehatan tulang? Nyatanya, tulang juga butuh asupan vitamin D dan vitamin K untuk membantunya tetap sehat dan kuat. Di samping itu, perpaduan vitamin D, K, dan kalsium akan membantu tulang Anda tidak mudah keropos, seiring dengan bertambahnya usia. Bagaimana bisa vitamin dan kalsium ini mampu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang Anda? Simak ulasannya berikut ini.

Kalsium untuk menguatkan tulang

Protecal Ladies tentu sudah sangat paham, bukan, pentingnya kalsium untuk menguatkan tulang? Dalam tubuh, kalsium banyak tersimpan di gigi dan tulang. Hanya ada sekitar 1% saja kalsium dalam tubuh yang tersimpan di dalam sel-sel otot, darah, dan jaringan tubuh lainnya. Kalsium ini tidak akan bertahan selamanya di dalam gigi dan tulang. Seiring dengan waktu, kalsium ini akan berkurang dan tubuh membutuhkan asupan kalsium tambahan.

Oleh sebab itu, di usia yang semakin bertambah dan meningkatnya aktivitas yang Anda lakukan, asupan kalsium tambahan dari makanan sangatlah dibutuhkan oleh tubuh. Protecal Ladies harus memastikan bahwa setiap makanan yang dikonsumsi mengandung kalsium cukup untuk tetap menjaga kekuatan serta kesehatan tulang dan gigi.

Selain susu, ada juga banyak makanan kaya kalsium lainnya yang bisa dikonsumsi. Misalnya saja ikan salmon. Dalam dua setengah ons ikan salmon, terdapat 180 mg kalsium. Jumlah ini cukup untuk memberikan asupan kalsium dalam tubuh. Selain itu, ikan salmon juga mengandung omega-3 yang bersifat melawan kanker.

Vitamin D membantu penyerapan kalsium

Kalsium tidak bekerja sendirian dalam menguatkan tulang, tapi juga butuh bantuan vitamin D untuk membantu penyerapannya dalam tubuh. Tanpa vitamin D, tubuh akan sangat kesulitan menyerap kalsium yang didapat dari makanan. Oleh sebab itu, pastikan ada asupan vitamin D selain kalsium, dalam makanan yang Protecal Ladies santap.

Bagaimana mungkin vitamin D bisa bermanfaat untuk penyerapan kalsium dalam tubuh?

Sangat mungkin sekali. Ketika vitamin D masuk dalam tubuh, vitamin ini akan diubah menjadi hormon calcitriol. Hormon inilah yang nantinya membantu penyerapan kalsium di dalam usus. Selain itu, vitamin D juga akan merangsang produksi zat yang bertugas mengangkut kalsium masuk ke dinding usus, untuk kemudian dialirkan ke seluruh tubuh melalui darah. Jika proses penyerapan dan pengangkutan ini lancar, maka semua kalsium yang Anda konsumsi bisa diterima seluruhnya oleh tubuh.

Anda bisa mendapatkan vitamin D ini dengan tiga cara. Pertama, melalui makanan seperti ikan sarden, kuning telur, tuna, dan hati sapi. Kedua, melalui sinar matahari pagi yang masih sehat dan kaya vitamin D. Ketiga, melalui suplemen seperti Protecal Solid.

Vitamin K membantu proses pembentukan tulang

Vitamin K yang berada dalam jumlah cukup di dalam tubuh akan sangat berperan penting dalam proses pembentukan tulang. Vitamin K ini juga memiliki fungsi sama dengan vitamin D, yaitu membantu penyerapan kalsium. Saat tubuh mendapat asupan kalsium yang cukup, ditambah dengan asupan vitamin D dan K yang mengoptimalkan penyerapannya, maka bukan tidak mungkin Anda bisa memiliki tulang kuat dan sehat hingga usia lanjut.

Vitamin K bisa Anda temukan dalam makanan sehari-hari yang dikonsumsi. Misalnya bayam, brokoli, kangkung, dan sawi. Umumnya, sayuran berwarna hijau memiliki banyak kandungan vitamin K. Oleh karena itu, pastikan Protecal Ladies selalu mengonsumsi sayuran, ya. Ini demi kesehatan diri sendiri juga, kok!

Seiring dengan bertambahnya usia, kebutuhan akan kalsium serta vitamin tubuh akan terus meningkat. Mungkin saja sayur dan buah yang Anda konsumsi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh. Oleh sebab itu, Anda bisa menambahkan suplemen vitamin tambahan untuk memperkuat tulang, seperti Protecal. Anda dapat mengonsumsi Protecal Osteo sebagai asupan kalsium, vitamin D, dan vitamin K harian Anda untuk tubuh, agar tulang selalu kuat. Protecal Osteo tersedia dalam dua sediaan, yaitu effervescent dan kaplet, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Photo source: https://www.shutterstock.com/image-photo/asian-women-exercising-bed-morning-she-1048403464