Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Selama ini kita terlalu memperhatikan kesehatan fisik di masa pandemi ini, sehingga beberapa orang lupa akan kesehatan mental juga harus dijaga. Kesehatan mental selama masa pandemi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ketakutan terhadap virus itu sendiri, rasa bosan selama menjalani karantina, kesedihan dan kesepian karena jauh dari keluarga dan orang-orang terdekat, ditambah lagi banyaknya berita-berita hoax yang beredar di internet.

Beberapa hal bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemic ini, salah satunya adalah dengan cara melakukan aktivitas fisik. Karena dengan beraktivitas, tubuh akan memproduksi hormon endorphin yang dapat meredakan stress, mengurangi rasa khawatir, dan memperbaiki mood. Hal yang paling mudah kamu lakukan adalah berjalan kaki di bawah sinar matahari pagi selama 30 menit. 

Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah membatasi diri dari berbagai berita hoax yang ada di internet. Pilah informasi dari sumber yang terpercaya dan luangkan waktu bersama keluarga dan kegiatan lain yang kamu sukai untuk menghilangkan rasa jenuh dan juga rasa cemas akibat membaca informasi hoax yang beredar.

Selain itu, jalin komunikasi dengan keluarga dan orang-orang tersayang, melalui pesan singkat, telepon atau video call. Kamu juga bisa menceritakan keadaan dan menceritakan kekhawatiran yang dirasakan, agar tekanan yang kamu rasakan bisa berkurang dan merasa lebih tenang.