Jaga Kesehatan Tulang dengan Gaya Hidup Sehat

Seiring bertambahnya usia, kekuatan dan kepadatan tulang akan semakin berkurang. Namun, ada beberapa cara untuk jaga kesehatan tulang dan mempertahankan kekuatannya yaitu dengan memulai gaya hidup sehat. Selain untuk bergerak, tulang juga berperan dalam membentuk struktur atau rangka tubuh, melindungi organ tubuh, dan menyimpan kalsium. Jika tidak dijaga, tulang akan mudah keropos sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Kita semua tentu ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat. Oleh sebab itu, ini dia tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang: 

  1. Olahraga secara rutin 

Tulang bisa menjadi lebih kuat dengan olahraga. Olahraga yang baik dan cocok untuk kesehatan tulang adalah jenis olahraga yang berfokus untuk membangun kekuatan dan menahan beban seperti berjalan, menaiki tangga, dan menari. 

  1. Perbanyak asupan kalsium 

Kalsium dan vitamin D adalah nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Maka itu, kita perlu meningkatkan asupan kedua nutrisi tersebut. Orang dewasa berusia 19-50 tahun dan pria 51-70 tahun disarankan untuk mengonsumsi 1000 miligram kalsium setiap harinya. Sementara untuk wanita berusia 51 tahun keatas dan pria berusia 71 tahun keatas, disarankan memenuhi kebutuhan kalsium hariannya sampai 1200 miligram. 

  1. Tidak merokok ataupun minum alkohol 

Kebiasaan hidup yang kurang sehat seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol terbukti dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang. 

  1. Menjaga berat badan 

Menjaga berat badan sehat penting untuk mempertahankan kekuatan dan kesehatan tulang. Berat badan yang berlebih berperan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan dan cedera pada tulang, sementara berat badan rendah menyebabkan turunnya kepadatan tulang dan pengeroposan tulang. Maka itu, terapkan gaya hidup sehat dari sekarang untuk menjaga kesehatan tulang kita. Dukung juga kesehatan tulangmu dengan konsumsi suplemen tinggi kalsium dan vitamin D dari Protecal Osteo.

Ayo jaga kesehatan tulangmu dari sekarang, jangan sampai terlambat!