Meningkatkan Daya Tahan Ibu Hamil di Masa Pandemi

Pada situasi pandemi seperti sekarang, menjaga imunitas tubuh menjadi keharusan untuk semua orang khususnya ibu hamil. Saat hamil, daya tahan ibu hamil akan mengalami penurunan yang bisa membuatnya rentan terserang penyakit. Selain para lansia yang termasuk dalam golongan risiko tinggi terinfeksi virus Corona, ibu hamil juga menjadi salah satunya. Namun, jangan khawatir karena terdapat beberapa pencegahan yang bisa ibu hamil lakukan.

Kita tentu ingin terlindung dari berbagai penyakit, berikut cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil:

  1. Menerapkan Protokol Kesehatan 5M

Saat mendesak dan mengharuskan ibu hamil untuk beraktivitas di luar, maka protokol kesehatan 5M seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas harus diterapkan. Ketika keluar rumah, ibu hamil sebaiknya menggunakan double masker untuk mencegah dari terpapar virus Covid. Biasakan juga selalu membawa hand sanitizer di dalam tas, sehingga saat mendesak dan tidak bisa mencuci tangan pada air mengalir, kebersihan tetap terjaga.

  1. Olahraga

Dalam satu hari, sebaiknya ibu hamil melakukan aktivitas fisik selama 30 menit. Dengan berolahraga para ahli yakin kekebalan daya tahan tubuh ibu hamil dapat meningkat. Namun, jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan. Ibu hamil dapat melakukan olahraga ringan hingga sedang yang tidak membuat kehabisan napas. Ibu juga perlu memahami kemampuan diri sendiri dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Contohnya, ibu hamil dapat berjalan kaki selama 30-45 menit di tahap akhir kehamilan.

  1. Minum Air 

Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik dengan minum air yang cukup, perlu dilakukan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, minum air juga dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Untuk itu, usahakan minum kurang lebih delapan gelas air per hari untuk tubuh yang sehat.

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi dengan Baik

Di saat sedang mengandung, ibu harus memperhatikan kebutuhan nutrisi yang cukup layaknya protein, karbohidrat, zat besi, asam folat, vitamin, dan kalsium. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari konsumsi makanan sehat seperti daging, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Namun, pada beberapa ibu hamil yang mengalami kekurangan vitamin seperti zat besi atau B12 disarankan untuk memenuhinya dengan asupan suplemen.

Tidak usah bingung mencari suplemen atau vitamin yang baik. Kini, ibu bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan vitamin hariannya dengan Protecal Solid yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.