Cara Jaga dan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Keluarga di Masa Pandemi

Menjaga kesehatan diri sendiri beserta keluarga di masa pandemi virus corona memang perlu perhatian khusus. Demi mencegah tubuh kamu dan anggota keluarga lainnya agar tidak mudah terserang penyakit maka penting untuk bersama-sama meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan masih belum berakhirnya situasi pandemi, selain meningkatkan sistem daya tahan tubuh, menaati protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker double yang dianjurkan, membatasi kegiatan di luar rumah, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak harus terus dilakukan.

Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kamu beserta keluarga, berikut caranya:

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Perhatikan asupan makanan sehari-hari kamu dan keluarga, usahakan untuk makan makanan yang memiliki banyak kandungan antioksidan agar dapat bantu menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

Selain itu, dengan menjaga pola makan sehat yang kaya akan peningkat kekebalan bisa membantu tubuh kamu dan keluarga membangun sel darah putih yang mampu melawan infeksi, memperbaiki cedera pada sel, dan lainnya untuk melindungi tubuh dari infeksi serta penyakit.

  1. Tidur Cukup

Dengan memenuhi kebutuhan tidur yang cukup ternyata mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh keluarga. Penelitian juga sudah menunjukan tidur cukup sangatlah penting untuk menjaga daya tahan tubuh orang dewasa dan anak-anak.

Pastikan kamu dan keluarga selalu tidur dengan cukup karena kurang tidur telah dikaitkan dengan bermacam masalah kesehatan seperti meningkatnya risiko obesitas, diabetes, hingga masalah jantung. Selain itu, kurang tidur juga bisa menyebabkan gangguan fungsi hormonal serta berkurangnya kemampuan dalam melawan infeksi.

  1. Olahraga

Penelitian telah menunjukan dengan berolahraga ringan secara teratur dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dengan berolahraga teratur selama minimal 30 menit dengan intensitas yang cukup bisa meningkatkan aktivitas sel darah putih serta meningkatkan sirkulasi sel-sel kekebalan ke seluruh tubuh.

Perlu selalu dicatat, terlalu banyak olahraga juga memiliki efek negatif dan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, kamu bersama anggota keluarga bisa melakukan olahraga secara rutin selama beberapa menit setiap hari.

  1. Kelola Stres

Stres memang sulit untuk dihindari tapi kondisi ini perlu kamu kelola dengan baik supaya tidak menimbulkan gejala maupun dampak yang berkepanjangan. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun kamu beserta keluarga ialah dengan mengelola stres secara baik.

Kondisi stres yang parah atau sementara bisa memberikan efek fisiologis yang mampu menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi. Makannya, selalu kelola stres dan lakukan sesuatu yang bisa mencegahnya agar bisa meningkatkan kembali imun.

  1. Tertawa

Tertawa ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu beserta keluarga. Dengan tertawa kamu bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan sel penghasil antibodi dan membantu Sel T bekerja lebih efektif.

Dengan tertawa, kamu juga bisa mengurangi kadar hormon stres dan meningkatkan hormon endorphin. Untuk itu kamu bisa tertawa bersama keluarga dengan berkumpul sambil mengobrol atau menonton acara lucu dari rumah.

Selain melakukan beberapa cara di atas untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh keluarga, kamu juga bisa melengkapinya dengan minum Protecal Defense yang mengandung Vitamin C, Zinc, dan Echinacea untuk bantu tingkatkan daya tahan tubuh.