10 Manfaat Parkour untuk Kesehatan

http://kingofwallpapers.com/parkour/parkour-004.jpg

Parkour adalah sebuah olahraga yang mengharuskan Anda melakukan berbagai gerakan untuk melakukan rintangan sambil berlari atau melompat. Gerakan-gerakannya antara lain terdiri dari berlari, melompat, bergelantungan, hingga memanjat. Meski terdengar berbahaya, ternyata parkour punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

 

1.     Melatih Seluruh Anggota Tubuh

Parkour menggerakkan seluruh bagian tubuh. Berlari dan melompati semua rintangan membutuhkan kerja dari semua otot.

2.     Kemampuan Berpikir Cepat

Parkour mengharuskan Anda berpikir secara cepat untuk menentukan bagaimana cara Anda akan melewati rintangan yang ada.

3.     Menumbuhkan Kreativitas

Setiap kendala yang Anda temui di parkour tidak akan memiliki solusi yang jelas, sehingga Anda harus menggunakan kreativitas Anda untuk mengatasinya.

4.     Meningkatkan Kepercayaan Diri

Parkour membangun rasa percaya diri dengan memungkinkan Anda untuk dapat menaklukkan hal-hal yang tidak pernah dihadapi sebelumnya.

5.     Kebugaran Terkait Keterampilan

Dalam parkour Anda harus memiliki kelincahan, keseimbangan, kekuatan, dan kecepatan ketika melalui rintangan.

6.     Membangun Kekuatan Inti

 Inti (core) adalah pusat dari seluruh tubuh dan bertanggung jawab untuk membantu Anda membungkuk, memutar, juga transfer daya dan kekuatan di seluruh  tubuh Anda.

7.      Menguatkan Tulang

Parkour membantu mengembangkan kekuatan tulang, karena Anda dituntut melakukan gerakan tubuh bagian atas dan bawah dengan dampak yang tinggi.

8.     Ketahanan kardiovaskular

Bergerak konstan dan melompat menyebabkan peningkatan stamina yang membuat jantung Anda kuat.

9.      Mengurangi Perilaku Anti Sosial

 Parkour telah terbukti mengurangi perilaku anti sosial. Parkour memberi cara yang positif untuk mengarahkan waktu dan energi dengan menghadirkan  tantangan baru setiap kali Anda terlibat dalam kegiatan ini.

10.   Siapa pun Bisa Melakukan Parkour

Sebagian besar gerakan parkour berasal dari gerakan sederhana yang mudah dipelajari. Anda juga dapat melakukannya di mana saja karena tidak ada peralatan  khusus yang diperlukan.

 

Agar olahraga parkour Anda maksimal, jangan lupa untuk menjaga kekuatan tulang dengan minum Protecal yang memiliki kandungan kalsium 250mg dan vitamin D 300IU setiap hari, ya!