Olahraga tentu menjadi kebiasaan baik yang mampu menunjang kesehatan Protecal Ladies. Namun berbeda cerita jika olahraga yang dilakukan berakibat cedera. Bagaimana jika olahraga yang dilakukan membuat Anda mengalami patah tulang? Apa yang harus dilakukan saat mengalami patah tulang setelah olahraga? Jangan keburu panik! Begini langkah penanganannya yang perlu diketahui!

 

Hal-hal yang menyebabkan patah tulang setelah olahraga

Patah tulang setelah olahraga bisa jadi karena intensitas latihan yang dilakukan terlalu keras atau berat bagi tubuh. Bisa juga patah tulang setelah olahraga diakibatkan oleh kesalahan selama melakukan aktivitas tersebut seperti terjatuh, salah tumpuan, atau salah melakukan gerakan yang diinstruksikan.

Kondisi tubuh juga bisa menyebabkan patah tulang setelah olahraga. Seperti pada tulang dengan kondisi yang terlalu rapuh, untuk menahan beban tubuh saat olahraga. Ketika Anda berolahraga dan meningkatkan intensitas latihan, maka tulang butuh waktu penyesuaian. Jika Anda melakukannya dengan cepat, maka bisa menyebabkan cedera hingga patah tulang. Di bawah ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab patah tulang setelah olahraga:

  • Peningkatan frekuensi dan jumlah sesi latihan, serta beban yang dilakukan dalam jangka waktu relatif cepat, membuat tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk beradaptasi sehingga memungkinkan patah tulang terjadi. Misalnya Anda terbiasa lari di treadmill dua kali seminggu dengan durasi satu jam. Jika ditingkatkan menjadi lima kali seminggu dengan durasi dua jam, akan menimbulkan cedera.
  • Perubahan permukaan olahraga yang dilakukan secara tiba-tiba juga berisiko menyebabkan patah tulang setelah olahraga. Misalnya Anda beralih dari lapangan tenis rumput, ke lapangan tenis tanah liat. Bisa juga peralihan dari lari di treadmill ke lari di luar ruangan (outdoor).
  • Perubahan jenis olahraga yang dilakukan juga bisa menyebabkan patah tulang. Misalnya Anda terbiasa latihan tiga puluh menit level sedang pada elliptical trainer setiap minggunya. Tiba-tiba, Anda mengubahnya menjadi tiga sesi latihan sprint dan plyometrics.

 

Tanda-tanda patah tulang setelah olahraga

Patah tulang setelah olahraga umumnya memiliki gejala yang khas, berbeda dengan jenis cedera lainnya. Anda harus tahu betul apa tanda-tanda patah tulang setelah olahraga agar segera mendapat pertolongan. Berikut gejalanya:

  • Rasa nyeri dan pegal yang terasa di bagian jauh dalam kaki, jari kaki, pergelangan kaki, lengan, pinggul, dan tulang kering.
  • Nyeri yang muncul saat Anda beraktivitas, namun hilang saat Anda beristirahat.
  • Rasa lemas pada bagian kaki, anggota tubuh, dan pergelangan kaki, serta bagian lainnya yang diikuti rasa sakit maupun tidak.
  • Muncul pembengkakan.
  • Nyeri yang berpusat pada area tubuh tertentu yang terasa saat malam hari. Contohnya saja di bagian pinggul, pergelangan kaki, dan kaki.
  • Nyeri pada punggung atau di salah satu sisi tubuh.

 

Pertolongan pertama patah tulang setelah olahraga

Bila saat olahraga Anda merasakan gejala yang merupakan tanda-tanda adanya patah tulang, maka pertolongan pertama adalah kompres menggunakan es batu. Jangan panik saat melakukan kompres. Kemudian, Anda bisa melanjutkan dengan pembidaian sederhana. Jika Anda tidak yakin dengan metode atau cara pembidaian yang benar, hubungi rumah sakit atau dokter terdekat.

Dokter biasanya akan melakukan X-ray untuk melihat kondisi tulang yang patah. Jika memang benar ada tulang yang patah, dokter akan memasang gips yang menjaga tulang tetap pada posisinya. Proses penyembuhan dengan gips ini umumnya memakan waktu beberapa minggu atau bulan, tergantung kondisi patah tulang yang Anda alami.

Selanjutnya, Anda harus memastikan untuk membatasi aktivitas berat guna mempercepat proses pemulihan. Jangan lakukan hal-hal berat seperti mengangkat barang (untuk cedera patah tulang tangan), naik turun tangga (untuk cedera patah tulang kaki), dan olahraga. Anda baru bisa kembali olahraga saat dokter sudah menyatakan bahwa patah tulang Anda sembuh total.

 

Agar proses penyembuhan patah tulang setelah olahraga bisa berjalan cepat, Anda bisa minum suplemen vitamin tulang, Protecal Solid, yang membantu proses penyembuhan dan pembentukan jaringan baru. Anda juga bisa rutin minum Protecal untuk menjaga kesehatan tulang sehingga risiko patah tulang bisa dicegah.

tips
13/12/2019
  1. Wajib mengikuti (follow) Instagram Protecal
  2. Cek postingan #WEARECAPABLE pada akun Instagram @protecal_id
  3. Pada postingan tersebut, tulis di kolom komentar tentang hal apa yang bisa kamu lakukan berkat dukungan Protecal dan support system kamu
  4. Mention support system yang selalu mendukung kamu untuk berolahraga dan sertakan hashtag #WEARECAPABLE
  5. Komentar tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, politik, kekerasan, atau hal-hal yang menyinggung/memojokkan pihak tertentu
  6. Pemenang dipilih berdasarkan komentar paling menarik dan memenuhi persyaratan mekanisme
  7. Pemenang akan dihubungi langsung oleh pihak Protecal melalui akun Instagram @protecal_id
  8. 8 pemenang terpilih akan mengikuti kelas Yoga gratis pada Sabtu, 14 Desember 2019, bersama @ullie_iswara di @roccaspace (Gelora Bung Karno, Jakarta)
  9. Masing-masing pemenang diperbolehkan membawa 1 teman saat kelas Yoga
  10. 3 Pemenang berikutnya akan mendapatkan 3 voucher MAP senilai Rp200.000 yang dipilih secara acak
  11. Periode lomba dimulai dari 11 November hingga 8 Desember 2019
  12. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
  13. Hati-hati terhadap penipuan. Pihak Protecal tidak pernah meminta uang dalam activity digital apapun
fact
13/11/2019

Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika selama ini Anda tahu kekurangan kalsium hanya berpengaruh pada kesehatan tulang maupun gusi dan gigi, ternyata kalsium juga dapat memengaruhi tekanan darah. Kekurangan kalsium dalam tubuh bisa memicu penyempitan pembuluh darah hingga berujung pada masalah tekanan darah tinggi. Untuk lebih jelasnya, simak informasi di bawah ini, ya, Protecal Ladies.

 

Jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh orang dewasa

Sebagai orang dewasa, kebutuhan asupan kalsium Anda tentu berbeda saat ketika masih kecil. Kebutuhan kalsium setiap orang dewasa juga mungkin saja berbeda antar satu dengan yang lainnya. Misalnya saja ibu hamil dan wanita yang tidak hamil. Tentu keduanya membutuhkan asupan kalsium yang berbeda. Jika Anda merupakan wanita dewasa yang kebetulan sedang tidak hamil, maka kebutuhan kalsium Anda adalah sekitar 1000 mg per hari. Sedangkan jika Anda adalah wanita dengan usia 50 tahun ke atas, maka kebutuhan kalsium meningkat hingga 1200 mg per hari.

 

Gejala kekurangan kalsium

Ketika Anda tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup, maka akan lebih berisiko terserang berbagai gangguan kesehatan. Mulanya mungkin Anda tidak sadar bahwa sedang kekurangan kalsium karena bisa jadi gejalanya sama dengan penyakit lain. Namun, jika dibiarkan, kekurangan asupan kalsium tubuh dapat memicu penyakit yang lebih kronis. Oleh sebab itu, waspadalah jika Anda merasakan gejala di bawah ini yang menjadi pertanda awal tubuh kekurangan kalsium:

  • Sering mengalami kesemutan
  • Nyeri otot dan kram
  • Kejang
  • Mudah lelah meski tidak banyak beraktivitas
  • Kuku mudah patah, rambut mudah rontok
  • Nafsu makan berkurang
  • Tulang rapuh atau mudah patah meski tidak dipicu oleh cedera parah
  • Gangguan psikologis seperti mudah lupa, sering kebingungan, dan depresi

 

Kekurangan kalsium memicu tekanan darah tinggi

Dalam jangka panjang, gejala kekurangan kalsium yang Anda abaikan akan mengarah ke masalah kesehatan yang lebih serius. Pasalnya, kalsium merupakan salah satu mineral penting dalam tubuh yang bermanfaat untuk menjaga fungsi kognitif otak, sistem kekebalan tubuh dan fungsi hormon. Ketika kalsium sebagai salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh tidak tercukupi, maka hal tersebut bisa menjadi faktor risiko utama masalah kesehatan kronis seperti osteoporosis, rakitis, patah tulang, penyakit jantung, preeklamsia pada ibu hamil, kanker, dan tekanan darah tinggi.

Bagaimana kalsium bisa berpengaruh pada tekanan darah hingga memicu darah tinggi? Bukankah kalsium hanya berpengaruh pada kesehatan tulang? Tentu saja tidak. Kalsium dapat memengaruhi penyempitan pembuluh darah, sekresi hormon, dan transmisi impuls sistem saraf. Saat tubuh kekurangan kalsium, maka pembuluh akan menyempit. Hal ini tidak sama dengan jika tubuh mendapat asupan kalsium yang cukup di mana pembuluh darah bisa melebar dengan sempurna.

Saat pembuluh darah mengalami penyempitan akibat tidak cukup kalsium untuk mendukungnya, aliran darah ke berbagai organ tubuh akan terganggu, termasuk juga tekanan darah. Pembuluh darah yang menyempit membuat tubuh harus melakukan usaha ekstra untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah bisa jadi meningkat saat tubuh melakukan usaha ini. Dengan begitu, jika Anda kekurangan kalsium, maka tekanan darah menjadi tidak stabil dan bisa memicu tekanan darah tinggi.

 

Lalu, bagaimana? Apakah Anda harus makan banyak makanan berkalsium tinggi untuk menjaga tekanan darah tinggi? Tentu saja iya, Anda bisa mendapatkan asupan kalsium dari berbagai makanan seperti ikan laut, kedelai, bayam, brokoli, jeruk, kiwi, kurma, dan lainnya. Jika tidak bisa mendapatkan asupan makanan berkalsium tinggi, tambahkan Protecal Solid dalam suplemen harian Anda.

fact
20/09/2019

Masih banyak wanita yang mengalami masalah kesehatan tulang akibat kekurangan asupan kalsium. Hal ini dikarenakan kebanyakan wanita tidak menyadari pentingnya asupan kalsium harian dalam tubuh. Padahal, kalsium sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk tulang dan jantung. Meski kalsium yang dibutuhkan tubuh setiap harinya dalam jumlah yang sedikit, banyak wanita yang belum mencukupi kebutuhan kalsium tersebut.

 

Kekurangan kalsium menyebabkan kesehatan tulang terganggu

Kalsium sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, apalagi kalsium juga dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya dalam proses metabolisme. Karena proses metabolisme terjadi setiap hari, maka kalsium harus Anda cukupi setiap harinya. Makanan yang setiap hari Anda konsumsi harus mengandung kalsium agar saat proses metabolisme terjadi, tubuh tidak kekurangan kalsium. Setelah proses metabolisme terjadi, kalsium yang dicerna akan diedarkan ke tulang-tulang di dalam tubuh untuk menjaga kekuatan serta kesehatannya.

Namun, bagaimana jika tubuh tidak mendapat cukup kalsium dalam proses metabolime? Apakah tulang tidak mendapat nutrisi untuk menjaga kekuatan dan kesehatannya? Tentu saja iya. Bahkan, yang lebih menakutkan, tidak hanya tulang tidak mendapat asupan kalsium dari proses metabolisme tubuh, tapi juga berisiko kehilangan simpanan kalsium di dalamnya. Bagaimana hal ini mungkin terjadi? Ini karena tubuh mengambil simpanan kalsium di dalam tulang untuk digunakan dalam proses metabolisme. Jadi, jika Anda tidak cukup makan makanan yang mengandung kalsium, maka tubuh akan mengambilnya dari simpanan di dalam tulang.

 

Tanda tulang yang kekurangan kalsium

Setelah Anda mengetahui pentingnya fungsi kalsium dalam proses metabolisme dan fungsinya untuk menjaga kesehatan tulang, sekarang saatnya mengidentifikasi apakah Anda sudah cukup mendapat kalsium dari asupan makanan harian. Jika beberapa tanda di bawah ini pernah dirasakan, bisa jadi Anda memang kekurangan kalsium.

 

  • Tulang mudah rapuh atau patah

    Saat Anda tidak melakukan aktivitas berat yang menimbulkan risiko cedera tapi mengalami kerapuhan atau bahkan patah tulang, itu menjadi bukti besar bahwa Anda tidak mendapat cukup kalsium. Kekuatan tulang memang sangat dipengaruhi oleh kalsium. Tanpa kalsium, tulang akan mudah keropos, rapuh, dan bahkan patah.

 

  • Kram otot

    Kekurangan kalsium di dalam tubuh juga bisa menyebabkan kram atau nyeri otot, Jika nyeri otot yang Anda rasakan hanya terjadi di waktu yang singkat dan tidak sering, itu mungkin kelelahan biasa. Tapi jika kram otot hampir setiap saat dirasakan, bisa jadi menjadi sinyal bahwa tubuh kekurangan kalsium.

 

  • Gigi berlubang

    Anak-anak memang kerap mengalami masalah gigi berlubang. Tapi, bagaimana jika yang mengalami itu adalah wanita dewasa dengan usia masih cukup muda seperti Anda? Apakah ini normal? Bisa jadi itu disebabkan kesalahan perawatan rongga mulut. Tapi bisa juga itu karena kesalahan pola makan di mana Anda tidak cukup mengonsumsi cukup kalsium untuk tubuh.

 

  • Kuku mudah patah

    Wanita memang sering dan senang memelihara kuku hingga panjang. Terlebih kuku yang panjang bisa dipercantik dengan berbagai macam perawatan. Namun, bagaimana jika saat kuku Anda mencoba memanjangkannya, kuku justru mudah retak atau bahkan patah? Bukankah ini sebuah tanda ada yang bermasalah di dalam tubuh Anda. Sekali dua kali mungkin akibat keteledoran, tapi jika kuku patah berkali-kali, itu sudah pasti tanda tubuh kekurangan kalsium.

 

Bagaimana? Apakah ada dari tanda-tanda di atas yang pernah Anda alami? Jika memang ada, itu berarti sudah saatnya Anda mengatur kembali pola makan harian agar seimbang, termasuk mencukup asupan kalsium. Kalsium bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau, ikan laut, kedelai dan olahannya, kacang-kacangan, roti, dan sebagainya. Supaya Anda lebih yakin asupan kalsium tubuh sudah terpenuhi, tambahkan Protecal Solid dalam konsumsi harian Anda.

fact
28/08/2019
The Latest Article

Sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari sel, protein, organ dan zat lainnya bertugas untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Meningkatkan imun tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menerapkan pola hidup sehat dan juga memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari.

Di antara banyaknya nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh dalam mengingkatkan sistem imun, Vitamin C dan Zinc bisa dibilang “pasangan terbaik” dan berperan penting dalam hal ini. Berikut adalah penjelasan satu-persatu tentang peran penting kedua nutrisi ini dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Zinc adalah mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan jaringan tubuh. European Journal of Immunology mengatakan bahwa Zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T) yang bekerja dengan dua cara, yaitu mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyebab penyakit. Berbagai penelitian juga mengungkapkan bahwa suplemen Zinc mampu melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan.

Vitamin C bekerja dengan cara mendukung fungsi berbagai sel kekebalan dan meningkatkan kemampuan mereka untuk melindungi tubuh dari infeksi. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Mampu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh stress oksidatif, stress yang terjadi akibat akumulasi molekul reaktif yang dikenal sebagai radikal bebas. Stres oksidatif dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko beragam penyakit. 

Memperkuat sistem imun di saat seperti ini adalah salah satu hal terpenting yang bisa kamu lakukan. Selain dari makanan, asupan Zinc dan Vitamin C bisa terpenuhi dengan mengonsumsi Protecal Defense secara rutin, yang mengandung dua nutrisi terpenting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengandung 1000 mg Vitamin C dan 10 mg Zinc, Protecal Defense berbentuk tablet effervescent yang memudahkan nutrisi agar cepat diserap oleh tubuh.

fact
2020-08-12

Pemerintah sudah mengeluarkan himbauan agar semua warga Indonesia bersiap untuk menjalani tatanan kehidupan baru, atau yang kita kenal sebagai “new normal”. Ini menjadi kekhawatiran para pekerja yang harus menggunakan transportasi umum untuk menjalankan aktifitas sehari-harinya. Pasalnya, pekerja komuter harus berbaur dengan penumpang lainnya. Ini adalah cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan setiap hari agar tetap aman saat beraktifitas menggunakan alat transportasi umum.

Pastikan kamu selalu menggunakan kain penutup mulut dan membawa cairan pensteril tangan setiap bepergian. Usahakan memakai kain penutup mulut dengan benar, jangan sering melepas dan memasang kembali dengan tangan yang tidak bersih. Bawa selalu cairan pensteril tangan yang mengandung paling tidak 60% alkohol, ini memudahkanmu untuk membersihkan tangan dari kuman yang menempel saat kamu tidak sengaja menyentuh barang-barang yang berada di transportasi umum.

Usahakan memakai baju tangan panjang ketika bepergian, dan tidak banyak memegang benda-benda di transportasi umum. Jika memang harus berpegangan pada sesuatu, hindari menyentuh mulut, hidung dan mata sebelum mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

Selain itu, meningkatkan daya tahan tubuh adalah hal yang terpenting sebelum kamu menjalankan aktivitas di masa sekarang ini. Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, tidur yang cukup, berolahraga secara rutin, dan mengonsumsi vitamin peningkat daya tahan tubuh. Protecal Defense aman untuk di konsumsi setiap hari karena aman di lambung dan mudah untuk diminum. Berbentuk tablet effervescent, nutrisi yang terkandung dalam Protecal Defense lebih cepat diserap sehingga lebih mudah masuk ke darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh.

tips
2020-07-03

Jangan biarkan daya tahan tubuhmu melemah di tengah pandemi virus Covid-19 yang sedang mewabah di Indonesia. Karena, daya tahan tubuh yang lemah bisa meningkatkan resiko terjadinya berbagai infeksi. Menjaga daya tahan tubuh agar selalu fit sangat di perlukan agar kuat melawan serangan virus dan penyakit lainnya. Daya tahan tubuh atau system imun tubuh ibarat perisai yang mampu menjaga tubuhmu dari berbagai macam serangan virus dan penyakit.

Menjalani pola hidup yang sehat adalah salah satu cara untuk menjaga sistem kekebalan tubuhmu. Disarankan untuk beristirahat yang cukup untuk mengisi tenaga dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, pastikan orang dewasa mendapatkan 7-9 jam tidur setiap harinya, sedangkan anak-anak dan remaja memerlukan waktu tidur 8-11 jam.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika membiasakan diri untuk rutin berolahraga. Selain memperkuat daya tahan tubuh, olahraga rutin bisa meningkatkan konsentrasi, membuat tidur lebih nyenyak dan menjaga berat badan ideal. Lakukan olahraga rutin 20-30 menit setiap harinya, dan pilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuhmu. Hindari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, karena hal ini bisa menyebabkan lemahnya daya tahan tubuh.

Hal penting lainnya adalah memastikan agar asupan nutrisi harianmu terpenuhi. Nutrisi-nutrisi penting seperti Protein, Zinc, Vitamin C, Vitamin A dan antioksidan dapat kamu peroleh dari berbagai jenis makanan seperti ikan, telur, buah & sayuran dan kacang-kacangan. Agar nutrisi harianmu harianmu terpenuhi, lengkapi dengan mengonsumsi Protecal Defense yang mengandung triple action (Vitamin C, Zinc dan Echinaea) untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

tips
2020-06-09